Sabtu, 14 April 2012

Pengenalan Python

Apa itu python?
Oke pertama apa itu python? Python adalah salah satu bahasa program, lebih tepatnya interpreter. Dalam dunia pemrograman dikenal dua jenis tipe bahasa program: compiler dan interpreter. Compiler bekerja dengan cara mengubah kode dari bahasa program yang kita buat ke dalam bahasa yang lebih sederhana yang bisa dipahami mesin. Sedangkan interpreter, dari kode yang kita buat akan diterjemahkan per perintah. berikut skema perbedaan compiler dan interpreter:


Sekian penjelasan singakat tentang interpreter dan compiler, yang harus diingat adalah python itu interpreter.

IDE bawaan python
IDE untuk python sendiri bisa di dapatkan gratis langsung dari web resminya (http://python.org/). Python sampai sekarang sudah realase sampai versi 3.x tapi versi tersebut menggunakan core baru sehingga kebanyakan penggunanya masih menggunakan versi 2.x dan gw serta tutorial yang bakal gw tulis disini juga pakai versi 2.x.IDE bawaan python namanya IDLE python.

Setelah program diinstal, ketika dibuka yang pertama muncul adalah jendel interactive shell, interactive shell adalah core awal python, terinstall default pada linux. Seperti yang gw singgung di awal, pyhton itu interpreter, penterjemahan kode dilakukan perperintah. Dalam interactive shell kita bisa 'mencoba' memasukkan kode apa saja dan hasilnya langsung keluar. Interactive shell berfungsi untuk menampilkan keluaran dari kode yang kita buat. Selain itu, interactive shell juga bisa dipakai untuk mencari kesalahan kode kita, mencoba apakah satu baris kode/perintah yang kita buat akan berjalan semestinya atau tidak.


Tapi kita tidak bekerja sepenuhnya disini. Selain interactive shell IDLE python juga dilengkapi dengan teks editornya, untuk membukanya pilih File > New Window. Hampir sama seperti notepad biasa, hanya saja ada beberapa fitur tambahan seperti perbedaan warna dalam kode, autocomplete dsb.

Struktur dasar python
Struktur dasar kode pada python dibagi menjadi tiga bagian, header, fuungsi, dan main program. Contoh kode python adalah seperti ini:
#import
from numpy import *
import math

#fungsi
def fungsi():
print "at fungsi"

#main program
print "at main program"

Import adalah bagian kode yg berisi library dan atau modul apa saja yang akan digunakan. Fungsi adalah bagian kode untuk menuliskan fungsi, penjelasan fungsi lebih jelas ada pada bab Fungsi dan Parameter. Dan main program adalah tempat untuk menuliskan kode utama program. Ada yang harus benar-benar diingat, pada python tidak menggunakan penutup pada tiap perintah seperti bahasa pemrograman lain. Dan yang krusial adalah jeda setelah perintah yang diakhiri dengan tanda ':' setelah membuat baris baru, ketik tab sekali tidak boleh spasi sehingga setiap kode dalam blog tidak bisa di copy paste/tulis manual. Berlaku ketika pendefinisian fungsi, setelah kontrol program if, for dan while.

http://kramatsatu.blogspot.com/2012/02/pengenalan-python.html

0 komentar:

Posting Komentar