Sabtu, 14 April 2012

Kontrol Program dalam Python

Mengontrol alur program dari program yang akan kita buat itu penting. Ada beberapa sintaks yang bisa gunakan, yaitu if, for dan while.

if
if digunakan untuk melakukan perintah pengkondisian. Dimisalkan dengan algoritma 'jika nilai a%2=0, maka a adalah bilangan genap' maka kodenya seperti berikut

a=input()
if a%2 == 0:
print 'a adalah bilangan genap'

tanda % berarti modulasi/sisa bagi, menggunakan == bukan = pada kode di atas dikarenakan operasi 'a%2 == 0' merupakan operasi perbandingan. Lalu untuk untuk algoritma 'jika nilai a%2=0, maka a adalah bilangan genap, jika tidak a adalah bilangan ganjil' menggunakan kode seperti ini:


a=input()
if a%2 == 0:
print 'a adalah bilangan genap'
else:
print 'a adalah bilangan ganjil'

Satu lagi variasi dari kontrol if, yaitu 'elseif' misalnya:


a=input()
if a%2 == 0:
print 'a adalah bilangan genap'
elseif a%2 == 1:
print 'a adalah bilangan ganjil'

Elseif digunakan jika kita menggunakan banyak kemungkinan misalnya : jika a=1 maka...., jika a=2 maka...., jika a=3 maka....., jika tidak ada yang memenuhi maka..... kurang lebih seperti itu hehe


for
for digunakan untuk perulangan (looping), yaitu mengulangi suatu perintah kode sampai bilangan yang ditentukan. Misal:


for i in range(3):
print 'ulang'

Nilai dari variabel i berubah untuk setiap perulangannya. misal jika kodenya di ubah:

for i in range(3):
print i



Maka hasilnya? silahkan coba dan simpulkan sendiri haha

while
while memiliki fungsi yang sama seperti for, hanya saja cara kerjanya yang berbeda. Kalau for melakukan sekian kali perulangan, dengan jumlah perulangan ditentukan sedangkan while melakukan perulangan sampai syarat pada while tidak terpenuhi. misal:


a=1
while a<3:
print a
a=a+1


Ada yang harus benar-benar diingat, pada python tidak menggunakan penutup pada tiap perintah seperti bahasa pemrograman lain. Dan yang krusial adalah jeda setelah perintah yang diakhiri dengan tanda ':' setelah membuat baris baru, ketik tab sekali tidak boleh spasi sehingga setiap kode dalam blog tidak bisa di copy paste/tulis manual. Berlaku ketika pendefinisian fungsi, setelah kontrol program if, for dan while.

http://kramatsatu.blogspot.com/2012/02/kontrol-program-dalam-python.html

0 komentar:

Posting Komentar